Kamis, 22 September 2016

PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)

PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)


Definisi

PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) adalah jenis pembangkitan yang paling konvensional di dunia pembangkitan listrik.  Pembangkitan jenis ini masuk kategori pembangkitan menggunakan tenaga panas (thermal power generation).

Prinsip Kerja PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)

Teori membangkitkan listrik menggunakan panas sangatlah simpel. Pembangkit listrik secara umum terdiri dari alternator dan turbin. Turbin yang terhubung dengan alternator digerakkan oleh uap bertekan tinggi yang dihasilkan dari boiler. Umumnya di Indonesia, batu bara, gas bumi atau minyak bumi merupakan bahan bakar untuk memanaskan boiler tersebut.

Pada pembangkit berbahan bakar batu bara, uap bertekan tinggi dihasilkan dikarenakan adanya panas akibat pembakaran batu bara di tungku pembakaran (boiler furnace). Uap keluaran dari boiler berada pada fase super heated. Uap berfase super heated ini memasuki turbin dan memukul sudu pada turbin (turbine blades) sehingga menyebabkan turbin berotasi. Secara mekanikal turbin terhubung dengan generator yang rotornya akan berputar akibat rotasi dari turbin. Setelah memasuki turbin, tekanan uap berkurang secara drastis, dan uap bertekanan rendah ini memasuki condenser. Uap bertekanan rendah ini akan bertemu dengan air dingin sehingga terjadi peristiwa perpindahan panas yang menyebabkan uap berkondensasi menjadi air kembali. Air akan kembali masuk ke boiler untuk dipanaskan, dan begitu seterusnya.    


Line Diagram of Steam Power Plant

Keuntungan dan Kekurangan PLTU (Pembangkit listrik Tenaga Uap)

Keuntungan :

-          Initial cost relatif lebih rendah dibandingkan pembangkit listrik lain
-          Lahan yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan Pembangkit Listrik Tenaga Air
-          Maintenance atau proses perawatan lebih mudah
-          Lokasi pembangkit bisa dimana saja

Kekurangan :

-          Running cost relatif lebih tinggi dikarenakan bahan bakar dan maintenance
-          Polusi lingkungan (asap)
-          Bahan bakar (batu bara, minyak bumi, atau gas bumi) bersifat tidak dapat diperbarui (non renewable energy)

-          Overall efficency pada pembangkit jenis ini umumnya dibawah 30%

1 komentar:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk Boiler, cooling tower chiller,dan waste water treatment ,STP dll untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih
    WA

    BalasHapus