Jumat, 23 September 2016

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)

PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)

(Solar Power Plant) 


Energi Surya

Taukah kamu seberapa besar matahari? Matahari sekitar 333 ribu kali lebih besar dari bumi. Matahari juga terletak sangat jauh, yaitu sekitar 93 juta mil dari kita. Temperatur permukaan matahari mencapai 5.600 oC dan bagian inti mencapai 15.000.000 oC .

Reaksi nuklir secara terus menerus terjadi di matahari.  Hanya matahari sumber dari berbagai energi yang ada di muka bumi ini, dan bahkan menyediakan energi yang dibutuhkan untuk seluruh makhluk hidup untuk bertahan hidup. Matahari mengatur iklim dan cuaca di bumi.

Sangatlah jelas bahwa energi listrik yang kita gunakan sehari hari juga secara tidak langsung berasal dari matahari. Jadi jika matahari merupakan sumber dari sumber energi yang biasa kita gunakan, maka dengan kata lain cahaya matahari sendiri dapat menjadi sumber langsung untuk menghasilkan energi listrik.


Prinsip PLTS

Pembangkitan listrik menggunakan energi matahari bergantung pada efek photovoltaic pada material. Terdapat beberapa material yang memproduksi arus listrik ketika material ini terkena sinar matahari secara langsung. Efek ini dapat terlihat pada 2 lapisan tipis pada material semikonduktor. Ketika cahaya matahari menyinari lapisan pertama pada material semikonduktor, lapisan tersebut menyerap photon pada cahaya matahari dan menyebabkan electron berpindah ke lapisan berikutnya. Fenomena ini menyebabkan adanya arus yang mengalir sehingga menimbulkan perbedaan tegangan antara kedua lapisan. Unit yang merupakan kombinasi dari 2 lapisan semikonduktor ini disebut solar cell dan umumnya menggunakan silicon.

Sebuah sel surya (solar cell atau photovoltaic cell) hanya menghasilkan energi listrik dalam jumlah yang sedikit, sehingga untuk memenuhi kebutuhan listrik dengan jumlah tertentu, dibutuhkan banyak sel surya yang terhubung baik secara seri ataupun paralel yang membentuk solar module (panel surya).


(Gambar 1. Panel Surya)


Aplikasi pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Sistem pembangkitan listrik menggunakan tenaga surya sangatlah berguna untuk menghasilkan jumlah energi listrik dengan jumlah menengah. Sistem bekerja selama terdapat intensitas cahaya  yang memadai. Untuk hasil yang optimal, panel surya atau pembangkit tenaga surya seharusnya di install yang bebas dari penghalang seperti pohon atau bangunan tinggi.



(Gambar 2. Aplikasi Pembangkit Listik Tenaga Surya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar