Kamis, 22 September 2016

Apa itu Pembangkit Listrik?

Apa itu Pembangkit Listrik?

(Pengertian dan Definisi Pembangkit Listrik)

Pembangkit listrik atau Power Plant adalah sesuatu fasilitas untuk menghasilkan energi listrik.  Pembangkit listrik (power plant) menghasilkan energi listrik dengan mengkonversi energi lain. Tipe dari energi yang dikonversi tergantung pada tipe pembangkit listrik. Setiap tipe pembangkit listrik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Energi dari pembangkit listrik dari dari berbagai sumber. Beberapa sumber tidak dapat diperbarui (nonrenewable energy), seperti Gas Bumi (natural gas), Minyak Bumi (oil), batu bara (coal) dan nuklir. Namun beberapa sumber juga bersifat bisa diperbarui (renewable energy), seperti, biomassa (kayu, kotoran hewan). Biaya dan efisiensi pembangkit tergantung pada kualitas sumber dan kualitas perangkat elektrikal maupun mekanikal pada unit pembangkitan.

Bahan bakar yang paling banyak digunakan sampai saat ini adalah : bahan bakar fosil (Minyak bumi, gas bumi dan batu bara), nuklir, dan biomass.


Setiap sumber bahan bakar memiliki kekurangan. Contoh, bahan bakar fosil bersifat terbatas dan tidak dapat diperbarui. Fosil juga menghasilkan karbon dioksida sehingga menimbulkan polusi ke lingkungan. Sama seperti bahan bakar fosil, bahan bakar nuklir juga tidak bisa diperbarui. Ditambah lagi nuklir sangatlah berbahaya. Kecelakaan pada pembangkit listrik tenaga nuklir dapat menyebabkan terlepasnya zat radioaktif ke lingkungan dan menimbulkan efek kerusakan jangka panjang. Namun pembangkit listrik tenaga nuklir mampu menghasilkan energi listrik dalam jumlah besar tanpa terlalu banyak memakan sumber daya (uranium). 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar